Home Pembuatan Web Website Sekolah Mungkinkan Orangtua Update Informasi
formats

Website Sekolah Mungkinkan Orangtua Update Informasi

Published on October 10, 2014, by in Pembuatan Web.

Perkembangan teknologi ternyata tak hanya merambah dunia entertain semata, namun dunia pendidikan pun memanfaatkannya. Hal ini terbukti dengan begitu banyaknya website sekolah yang dibangun dan dikembangkan. Kebanyakan dari sekolah tersebut ingin memperkenalkan atau sekedar berbagi perihal kegiatan yang dilakukan. Bahkan website ini pun dijadikan sebagai ajang silahturahmi antara pengajar dan orangtua murid itu sendiri.

Sebuah website sengaja dibuat demi memanjakan para pengunjung, khususnya orangtua mengakses informasi berkenaan anaknya. Dengan hadirnya sebuah website, bukan tidak mungkin orangtua bisa memantau perkembangan sang anak selama di sekolah. Informasi diakomodasi sedemikian rupa sehingga memuaskan keingintahuan orangtua tentang tumbuh kembang anak. Hal ini tentunya jauh lebih efisien mengingat para orangtua tak selamanya memiliki waktu senggang.

Di Indonesia sendiri, website sekolah ditandai dengan situs bereksistensi sch.id atau ac.id. Tentunya setiap sekolah bisa membuat nama website sendiri yang mudah diingat oleh orangtua murid. Kegiatan ekstrakurikuler ataupun kegiatan tambahan lainnya tak perlu lagi disampaikan lewat undangan. Orangtua bisa langsung mengakses laman web sekolah bersangkutan dan mengetahui seputar kegiatan. Jika masih ada yang dirasa kurang puas, tentunya orangtua juga bisa tanya jawab.

Sistem online seperti sebenarnya telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah yang berada di ibukota. Beberapa kota besar pun mulai melirik peluang satu ini untuk menjadikan sekolah semakin go public. Cara ini pun bisa dijadikan senjata ampuh untuk menangkis isu tak sedap yang mungkin beredar tentang sekolah. Pihak sekolah pun bisa mengklarifikasi ketidakbenaran yang berkembang di sekitar masyarakat dan khususnya para orangtua murid.

Di Jakarta sendiri, sebuah website berbasis pendidikan digunakan untuk layanan pendaftaran. Dengan begini para calon murid tak perlu berdesak-desakkan melakukan registrasi. Mereka hanya cukup datang ketika tes dilaksanakan atau melakukan registrasi ulang. Tentunya hal tersebut turut meminimalisir terjadinya kecelakaan ataupun jatuhnya korban ketika proses pendaftaran berlangsung. Pihak menteri pendidikan pun menganggap cara ini jauh lebih transparan ketimbang penerimaan manual.

Orangtua ataupun pihak sekolah tidak bisa melakukan aksi suap ataupun ‘masuk jalur belakang’. Mengingat cap pendidikan Indonesia yang semakin terpuruk dari waktu ke waktu. Tak salah jika akhrinya pihak dinas pun mengambil langkah tegas dengan pembuatan website sekolah semacam ini. Nah, untuk beberapa sekolah yang berniat hendak membuat blog sendiri, mungkin ada baiknya mempertimbangkan pula pembuatan website khusus seperti ini.

Umumnya, sebuah website akan mengakomodasi informasi terkait agenda kegiatan sekolah, daftar artikel yang bisa dibaca, hingga daftar alumni. Dengan begini, beberapa alumnus yang telah terpisah pun bisa melakukan kontak kembali. Bukan tidak mungkin akhirnya terjadi reuni akbar yang mempertemukan mereka kembali di sekolah bersangkutan. Tak berhenti disini, orangtua pun bisa mengetahui jurusan apa saja yang tersedia dan memungkinkan dimasuki oleh anaknya.

Transparansi ternyata tak hanya terkait penerimaan siswa baru saja, ternyata besarnya SPP pun tercantum dalam situs resmi. Beberapa sekolah pun akan melakukan jajak pendapat melalui website yang disediakan. Hal ini memungkinkan para orangtua berperan aktif dalam pengambilan keputusan kebijakan sekolah bersangkutan. Sayangnya sistem ini hingga saat ini hanya diterapkan oleh segelintir sekolah, terutama sekolah bertaraf internasional dan terpadu.

Polling atau jajak pendapat ini bisa Anda ikuti bahkan komentari secara bijak. Nantinya pihak sekolah akan mempertimbangkan sejumlah pendapat yang tercantum pada website sekolah. Anda pun tentunya bisa melakukan hal yang sama guna memajukan pendidikan anak-anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2012. Jasa Pembuatan Website. All Right Reserved

Home | About Us | Services | Portfolio | Contact us | How to Order | T.O.S

© Syarie Webmaker